BRI Satelit Adalah Satelit Komunikasi Pertama, Inilah Manfaatnya

By Admin


nusakini.com - Bagi Indonesia adalah sebuah kebanggaan sebuah perusahaan BUMN Indonesia ( Bank BRI) bisa memiliki satelit komunikasinya sendiri.

Terlebih, satelit komunikasi ini dimiliki yang dinamakan BRIsat ini, juga menjadi satelit komunikasi pertama yang dimiliki dan dioperasikan oleh perbankan. 

Adapun manfaat dengan adanya BRIsat antara lain adalah: 

- BRI jadi memiliki tambahan kapasitas komunikasi untuk operasionalnya. 

- BRI bisa memperluas jaringan dan meningkatkan kualitas layanan perbankannya. 

- BRIsat membuat BRI mampu menjangkau yang tidak terjangkau, misalnya masyarakat yang berada di pedalaman dan pulau terluar. 

Dalam kerja sama dengan nasabahnya yaitu merchant di pasar-pasar melalui Teras Pasar BRI, BRIsat terhubung ke darat melalui VSAT dan berfungsi sebagai Wi-Fi Hotspot serta LAN. 

Wi-Fi Hotspot dari BRIsat digunakan untuk mendukung jalannya sistem pembayaran terintegrasi seperti: 

- LAS Mobile Wi-Fi 

- EDC Wi-Fi 

- Pos Wi-Fi 

- Situs BRIlink. 

- Wi-Fi Hotspot ini memberikan akses internet gratis bagi merchant maupun nasabah di Teras Pasar BRI. Sementara itu koneksi LAN berfungsi untuk menyediakan layanan BRI Vision (siaran TV terbatas BRI untuk penyuluhan UMKM dan pemasaran produk BRI) 

- Selanjutnya untuk Teras Mobile BRIsat dan Internal Wi-Fi, BRIsat akan sangat membantu operasional Teras Keliling, Teras Kapal dan E-Buzz (ATM). Teras Keliling dan Teras Kapal merupakan layanan perbankan BRI untuk nasabah-nasabah di pelosok serta pulau terluar Indonesia. 

Oleh karena itu sebagai kesimpulan, peluncuran BRIsat juga merupakan langkah pemanfaatan orbit 150,5 BT yang sempat kosong. Dengan beroperasinya BRIsat di orbit tersebut, berarti orbit 150,5 BT berhasil diamankan karena tetap di isi oleh satelit milik Indonesia.(if/mk)